Sunday, April 5, 2020

Renungan Mrk 13:35,37

Kutipan
Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta,Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!” (Mrk 13:35,37)

Catatan
Ketika saya baca perikop Markus 13 ini yg berkisah, Khotbah Tentang Akhir Zaman, beberapa ayat menarik utk digali lebih dalam, tapi yg paling menarik bagi saya adalah ayat 35-37. "Berjaga-jagalah" Dalam perikop "Nasihat supaya berjaga-jaga" (Ayat 33-37) ditulis 3x. Biasanya dlm kitab Suci, bila Yesus mengatakan sesuatu hal yg sama sampai 3x, itu adalah hal yg PENTING.
Saya periksa di konkordasi alkitab, ternyata "berjaga" Muncul 4x dalam Perjanjian Lama (Kej 31:49; Mazm 127:1; 141:3; yer 31:28)
Di Perjanjian Baru muncul 23x

Refleksi saya adalah Tuhan ingin kita "berjaga-jaga" Setiap waktu. Maksudnya, menjaga hati kita (apakah hati kita semakin menyerupai Hati Kudus Yesus/Hati Maria Tak Bernoda), menjaga relasi kita denganNya, menjaga perbuatan kita agar selalu sesuai dgn ajaran2 Nya, berdoa dgn tidak jemu2, dll.
Supaya ketika saatnya kita dipanggil Tuhan, kapan pun itu, kita sudah siap utk pulang. Karena tujuan hidup adalah untuk mati, untuk pulang ke rumah Bapa.
Ketika kita "pulang", tubuh sirna, tidak ada yg kita bawa "pulang" (Materi, uang, rumah, keluarga, anak2, posisi, jabatan, dll) hanya Roh yg kembali pd Bapa.

Pertanyaannya adalah apakah kita sudah siap bila waktunya tiba?

Semoga menjadi renungan yg menginspirasi dan menguatkan di pagi yg mendung ini.
Selamat pagi dan tetap semangat !
(syd)

No comments:

Post a Comment

17 Agustus

  Empat ratus lima puluh tahun masa kolonisasi Empat setengah tahun dalam siksa dan penuh derita Penuh pergolakan demi kedaulatan negeri Akh...