Tuesday, April 14, 2020

Action Cures Fears!

Renungan Harian 
Minggu, 6 Oktober 2019


“Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.” – 2 Timotius 1:7


Action Cures Fears!


Pernah ngga sih Anda ngerasa takut dalam hidup ini ?

Takut salah pilih pasangan ? Takut salah pilih jurusan kuliah ? Takut ngga bisa bayar tagihan/cicilan ? Takut menghadapi masa depan ? Takut kehilangan posisi/pekerjaan ?

Takut memang merupakan salah satu perasaan yang wajar muncul dalam kehidupan manusia, bahkan Tuhan Yesus aja pernah loh ngerasa takut saat berdoa di Taman Getsemani menjelang ajal-Nya. Tetapi Tuhan Yesus menyerahkan ketakutanNya dan memohon agar kehendak Allah saja yang terlaksana dalam hidup-Nya.  Kita juga perlu belajar dari pengalaman Yesus sendiri, meskipun perasaan takut meliputi diri, tetapi tetaplah berdoa dan percaya sama Allah, Dia tahu apa yang terbaik untuk kita.

Agar sukses kita harus berani. Kita memiliki kapasitas untuk mengatasi ketakutan. Bila rasa takut dituruti, sikap mental yang positif dan kreatif akan berubah menjadi sikap yang tidak produktif dan negatif, dan hal itu berakiibat fatal terhadap pencapaian. Rasa takut bersifat pesimistis, sementara keyakinan bersifat optimistis.  Daripada KVGMates menyerah pada ketakutan, mendingan tunjukin sikap penuh harapan dan optimistis.  Keberanian dimulai dengan mengatasi rasa takut dan berarti mengambil resiko – dengan uang kita, masa depan kita, bahkan hidup kita.

“Lakukan hal-hal yang Anda takutkan dan rasa Anda pasti hilang” (Emerson). Action cures fears, tindakan mengalahkan ketakutan.  Satu-satunya cara menghilangkan rasa takut adalah dengan menghadapinya. Bila KVGMates takut bicara di depan banyak orang, lakukan saja, setelah bicara beberapa patah kata, ketakutan itu pasti akan hilang sendiri. Rasul Paulus mengatakan dalam suratnya kepada Timotius, roh yang diberikan Allah bagi kita orang percaya adalah roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.  Berarti ketakutan itu bukan berasal dari Allah, kita harus berani untuk melawan ketakutan, jangan malah memberi kekuatan kepada ketakutan itu sendiri, nanti kalau kita fokus pada ketakutan kita, yakin deh ketakutan itu malah menjadi besar, what you focus on, will grow, pilih mana: fokus sama kekuatan kita atau ketakutan kita ? You decide, you ACT ! (syd)



dimuat di Instagram @katolikvidgram

No comments:

Post a Comment

17 Agustus

  Empat ratus lima puluh tahun masa kolonisasi Empat setengah tahun dalam siksa dan penuh derita Penuh pergolakan demi kedaulatan negeri Akh...