Tuesday, April 21, 2020

Learn-Do-Teach

Renungan Harian
Selasa, 10 Maret 2020


"Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya." - Matius 23:3


Learn-Do-Teach


Dalam sebuah komunitas bisnis, diajarkan sebuah pola "Learn-Do-Teach." Maksudnya sederhana, sebagai murid pastinya perlu banyak belajar. Kemudian setelah belajar; melihat mentornya melakukan, maka murid tadi akan melakukannya sendiri, mentornya yang akan melihat/memperhatikan. Lama-kelamaan murid tadi makin mahir melakukan dan akan mempunyai murid yang akan dia ajari.
Tidak boleh orang hanya melakukan "Learn-Teach" Atau "Do-Teach", serangkaian 3 aksi itu harus dilakukan berurutan dan terus menerus.
Learn-Do: tidak bisa menciptakan murid.
Learn-Teach: seperti kaum Farisi, tidak ada contoh tindakan, tidak ada integritas.
Do-Teach: lack of knowledge/kurang ilmu.

Ayat ini sarat dengan nilai integritas. Yesus mengecam kelakuan orang-orang Farisi yang tidak "walk the talk," kelakuan/perbuatan dan kata-katanya tidak selaras.


Kita perlu banget loh memiliki sikap integritas. Contoh simpel buat janji. Misalnya Anda buat janji ketemu dengan temen jam 11, tapi Anda datangnya jam 12. Bagaimana kira-kira temen Anda menilai Anda?

Ada contoh mudah tentang integritas, saat kampanye, janjinya apa, pas terpilih, kerjanya bagaimana. Muak 'kan
Anda melihat itu?
Black Eyed Peas dalam lagunya "Where is the Love" berucap "Can you practice what you preach?"
Kita perlu belajar untuk punya integritas, melakukan apa yang kita katakan, terlebih apa yang kita ajarkan. Agar orang lain bisa melihat karakter Kristus dalam kita (syd)

No comments:

Post a Comment

17 Agustus

  Empat ratus lima puluh tahun masa kolonisasi Empat setengah tahun dalam siksa dan penuh derita Penuh pergolakan demi kedaulatan negeri Akh...