Tuesday, September 9, 2008

Musik Miliki Pengaruh dalam Kepribadian

Musik Miliki Pengaruh dalam Kepribadian
BENARKAH musik berpengaruh pada perkembangan anak? Penelitian ini masih banyak dilakukan orang. Meskipun demikian para ahli mempercayai bahwa ada hubungan antara musik dengan perkembangan kepribadian, fisik dan psikis seorang. Pengaruh musik terhadap perkembangan anak tidak hanya dimulai setelah anak lahir dan mendengar saja, tetapi sejak anak masih berada di dalam kandungan ibu.

Bila pernyataan ini dapat diterima, maka akan terjadi perubahan yang sangat mendasar terhadap proses belajar seorang anak, sudah harus dimulai sejak masih dalam kandungan.

Demikian dr. Teddy Hidayat Sp. Kj. kepada "PR", ditemui di kediamannya yang asri di Kompleks Pilar Mas, Leuwigajah.

Menurut Teddy, pengaruh musik terhadap janin yang masih dalam kandungan, tentu tidak melalui rangsangan syaraf pendengaran, kemudian "dilarikan" ke otak, tetapi melalui mekanisme yang berbeda.

"Bukti bahwa pengaruh musik sudah terjadi sejak dalam kandungan antara lain pada suatu penelitian. Pada penelitian itu, seorang subjek diperdengarkan beberapa lagu. Pada sebuah lagu, subjek merasa pernah mendengar lagu tersebut, padahal "baru" kali itu dia mendengarnya. Subjek pun lebih mudah untuk mempelajari lagu tersebut dibandingkan lagu lainnya. Usut punya usut ternyata lagu itu adalah lagu yang sering disenandungkan oleh ibunya ketika mengandung subjek," papar Teddy.

Diperkirakan proses pembelajaran pada anak di dalam kandungan terjadi melalui neurotransmitter dan kimia darah lain lewat darah ibu. Dan berdasarkan jenisnya, musik klasik adalah musik yang terbaik pengaruhnya terhadap perkembangan anak. "Sementara musik rock dan heavy metal kurang. Itu karena musik klasik bersifat universal, artinya berlaku untuk semua orang. Orang yang tidak pernah mendengar musik klasik akan mempunyai efek yang sama," jelasnya.

Hal itu, tambah Teddy, berdasarkan teori bahwa pengaruh musik terhadap seseorang bukan hanya dari keindahan nada-nadanya saja, tetapi ditentukan pula oleh frekuensi dan amplitudao getaran-getaran suara.

Pilih-pilih

Hal senada dituturkan oleh seorang psikolog, Alfa Handayani S.Psi. "Musik mampu meningkatkan pertumbuhan otak anak, karena musik itu sendiri merangsang pertumbuhan sel otak. Musik bisa membuat kita rileks dan senang hati, yang merupakan emosi positif. Emosi positif inilah membuat fungsi berpikir seseorang menjadi maksimal," jelasnya.

Selain itu, musik juga bagus untuk emosional anak. "Misal, jika didengarkan musik lembut, maka anak akan tenang, kalau musik yang riang, anak pun akan terlihat gembira," jelasnya. Biasanya, seorang anak yang sejak dalam kandungan, biasa didengarkan musik, ketika dalam perkembangan pertumbuhannya nanti, anak itu dapat dengan mudah beradaptasi dan belajar soal musik.

Menurut Alfa, ibu satu orang anak itu, musik memiliki fungsi terapik. "Oleh karena itu kalau kita sebagai orang tua mau memanfaatkan fungsi musik di rumah, akan sangat bagus bagi perkembangan anak, karena membuat atmosfer rumah lebih bersemangat, tergantung musik yang dipasang," tuturnya.

Fungsi terapi musik dirasakan Alfa di rumahnya, terutama pada putrinya yang baru berusia 9 tahun, dan kini duduk di kelas 3 SD. "Di rumah, saya selalu memasang musik. Kebetulan saya memang suka sekali musik. Dan ketika hamil dulu, sebelum ada wacana seperti ini, saya pun sering menyetel musik yang secara tidak langsung juga didengar oleh bayi dalam kandungan saya," jelasnya.

Dari kebiasaan itu, Alfa merasakan manfaat yang baik tentang musik terhadap anaknya. "Dia kalau mau belajar, biasanya minta disetelkan lagu klasik, yaitu Mozart. Dan saya lihat semangat belajarnya jadi tinggi," celoteh Alfa, yang juga Kepala Sekolah SD 9 Mutiara di Perumahan Taman Hijau, Situ Aksan.

Sayangnya, musik tidak banyak dilibatkan dalam kurikulum sekolah, bahkan kerap kali dipandang remeh. Berangkat dari pemahaman betapa musik berfungsi terapi, di sekolah yang ia pimpin, Alfa memasukkan unsur musik dalam proses belajar-mengajar. "Di sekolah itu, musik dipakai sebagai background, dan disetel mengiringi pelajaran. Musik yang disetel adalah musik-musik klasik intrumental. Dan sejauh ini, kami melihat semangat belajar anak-anak, dan antusiasme untuk belajar mereka sangat tinggi. Mereka pun terlihat menikmati pelajaran yang diajarkan guru-gurunya," ujarnya.

Terapi musik

Kini di beberapa rumah sakit di luar negeri, telah melakukan "terapi musik" dalam proses penyembuhan pasiennya. Musik terapi, jelas dr. Teddy, adalah menggunakan atau interfensi dengan musik untuk memulihkan dan meningkatkan kondisi fisik emosi, fisiologis, dan kesehatan jiwa serta kesejahteraan. Tim musik terapi terdiri dari dokter, social worker, psikolog, guru dan orang tua.

Musik juga merupakan alat yang utama dalam memperbaiki rasa saling percaya. Kegiatannya dapat berupa bernyanyi, mendengar, bermain musik, atau menjadi "komposer". Lalu siapa saja yang perlu mengikuti musik terapi?

Menurut dr. Teddy, mereka yang sebaiknya mengikuti terapi musik diantaranya ialah orang yang mengalami gangguan jiwa, cacat fisik, lanjut usia (lansia), penderita penyakit stadium akhir (tidak ada harapan hidup), degradasi mental, perkembangan yang terhambat, dan yang mengalami kesulitan kesulitan belajar.

"Tempatnya macam-macam, ada di rumah sakit, tempat perawatan, sekolah, pusat pengobatan, kelompok-kelompok terapi dan dokter praktek swasta," sebutnya.

Banyak hal yang bisa diperoleh dari terapi musik. Terapi musik bisa meningkatkan keterampilan berkomunikasi, mengurangi perilaku yang tidak selaras, memperbaiki prestasi anak didik, memeperbaiki gerakan psikomotorik, menambah perhatian, memperbaiki hubungan interpersonal, pengelolaan nyeri dan mengurangi stres.

Terapi musik untuk mereka yang mengidap penyakit di stadium terminal (akhir), seperti pada penderita kanker ganas stadium terminal akhir pada penderita kanker payudara, otak, prostat, ginjal, paru-paru, fungsi terapi musik bersifat paliatif.

"Disini, terapi musik bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri, mampu mengekspresikan perasaannya, meningkatkan rasa pecaya diri, mengurangi perasaan cemas dan stres, mengurangi rasa takut, jadi lebih mandiri, lebih mampu berkomunikasi, serta mampu mengatasi perasaan murung dan sedih," jelas dr.

No comments:

Post a Comment

17 Agustus

  Empat ratus lima puluh tahun masa kolonisasi Empat setengah tahun dalam siksa dan penuh derita Penuh pergolakan demi kedaulatan negeri Akh...