Tuesday, September 9, 2008

5 Pengaruh musik dalam hidup manusia

Musik mempengaruhi tubuh, emosi dan intelek manusia, Pegaruh yang diberikan bisa positif atau negatif, sesuai dengan musik yang didengarkan. Dari jenis musik yang digemari oleh seseorang yang bisa diketahui tingkat intelektualitasnya.

5 Pengaruh musik dalam hidup manusia :

Pertama, musik mempengaruhi tubuh, Artinya, beat (rhythm) memegang peranan dalam gerakan tubuh kita (kaki, tangan dst). Rhythm merangsang tubuh untuk bergerak dengan teratur. Seperti sistem sirkulasi jantung, langkah kaki, dll. Musik-musik yang keras dapat menyebabkan pendengaran turun karena unsur volume, harmoni dan ritme.

Kedua, musik mempengaruhi emosi. Susunan harmoni, ritme, melodi sebuah musik dapat mempengaruhi emosi perasaan (sedih, senang, bahagia,nostalgia). Misalnya suasana pedesaan dapat tercipta bila kita mendengar gending/gamelan yang disenandungkan. Background musik lembut di gedung perunjukkan, rumah makan membuat perasaan relax dan tenang

Ketiga, musik mempengaruhi intelektualitas. Artinya, kata-kata/syair dalam musik bisa merusak karena kata-katanya yang menghujat, memaki atau melemahkan semangat. Tetapi ada yang lagu-lgu yang membangun seperti lagu rohani, lagu-lagu kebangsaan, lagu-lagu perjuangan.

Keempat, musik mempengaruhi kerohanian (spirit). Arinya Roh Kudus data menobatkan orang, mempercepat pertumbuhan jiwa seseorang untuk menjadi lebih dewasa, mguatkan iman melalui motivasi, tujuan dan doa. Musik yang baik itu haru bermanfaat untukmemberi kenikmatan dalam tubuh, intelek, emosi dan spirit, serta menarik waktu yang lama. (Layanilah seorang akan yang lain sesuai dengan karunia yang diperoleh oleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah, ! Pet 4:10)

Kelima, musik sebagai sarana hiburan. Adanya tantangan dan tekanan hidup yang membuat jenuh dan letih membuat manusia memerlukan hiburan-hiburan yang dapat menolong terlepas dari bebanbeban yang ada. Musik ock sesuai dengan sifatnya, cenderung menggerakkan dan membuai mereka yang mendengarkannya, bagi sebagai orang dianggap sebagai sarana hiburan yang cukup menolong dan mengasyikkan.

(Tetapi aku hendak bersorak-sorak untuk selama-lamanya,
aku hendak bermazmur bagi Tuhan Allah Yakub, Mazmur 75:10)

-diambil dari file TXT temanku David-

No comments:

Post a Comment

17 Agustus

  Empat ratus lima puluh tahun masa kolonisasi Empat setengah tahun dalam siksa dan penuh derita Penuh pergolakan demi kedaulatan negeri Akh...