Thursday, July 31, 2008

bersyukur di hari Isra Mir'aj

30 Juli 2008

Hari ini diawali dengan bangun kesiangan jam 9.30 lewat. Badan pegel semua. Maklum lah, kemaren nya gak tidur sedetik pun (alias begadang). Beberes rumah, beberes badan, pergi ke Grand Indonesia bareng keluarga jam 12 lewat dikit. Toyota Kijang lah yg dikendarai dengan baik oleh papa ku tersayang. Sempet bingung nyari parkiran, kan parkiran di Grand Indo ada banyak, pintu masuk juga banyak, yahhh gitu dehh... Udah dpt parkir di lt.5, eh..dpn lift ada yg kosong tuh, bokap sempet-2 nya mindahin mobil ke situ. beehhhhh... gw mah udah menanti setia di depan lift, bareng nyokap.
Awalnya cuman mau nyari buku Harry Potter ke 7 di Gramed. Eh, gramed ternyata ada di lantai 5 dan 3. Sejujurnya, gw tau letak gramed yg lantai 3. tapi karena koko gw liat iklan 'Gramedia lantai 3 & 5" jadilah muter-2 nyari Gramed. Memang gak salah sih ke lantai 5, tapi... akhirnya tetep ikutin gw juga ke lantai 3. Gila bener dah... nyari harry potter 7 yg softcover bahasa indonesia itu susah juga yah. Padahal di Laysin bisa dpt diskon 20%, tanpa kudu ngantri, susah payah tanya-2 ke orang, dll. Tapi jangan salah, di GrandIndo, Gramed kan baru buka, diskonnya 20% utk Harry Potter 7, plus 10% lagi kalo pake kartu kredit BCA. Hmm...
Sembari nunggu cici nyari buku, gw duduk tenang di depan pemain musik. mainin lagu oldies. Yg ada keyboardist dan penyanyi solo pria. Duduk di belakang nya ada wanita paruh baya, gw kira itu manajer nya. Gak tau deh...
Tapi ada kesalahan bermain musik yg dilakukan oleh mereka berdua. Maklum lah gw, ketukan salah, salah nada, fals, dll. Gw tinggal mereka semua, beralih ke sebuah kursi kosong, di pinggir menghadap bunderan HI. Betapa nikmatnya duduk sendirian disitu, melihat bunderan HI yang ramai lancar dilewati begitu banyak kendaraan bermotor. Ada bangunan sedang dibangun. Ada kedutaan Inggris, German, gedung Mercedes Benz (baru sadar kalo gedung nya disitu, pantesan ajah dulu pernah ketemu temen SMA gw yg kerja disitu yg kebetulan pulang nya naik busway).
Setelah buku dibayar, jalanlah kami bertiga (koko, cici, diriku) mencari nyokap-bokap. Buset dah... dikarenakan miskomunikasi, ke-tidakmengenal-an area GrandIndonesia, bingung arah West-East, jadilah muter-2. Tapi gw syukuri muter-2 ini, ternyata hari itu ada acara musik di hall nya Grand Indo. Sayangnya, kurang memuaskan acaranya, karena:
1. Suara feedback: memang untuk Grand Indonesia yang mall, sulit mengatur suara. Tetapi operator mixer yang handal, saya pikir bisa mengatasi masalah ini. Sayang nya, feedback yang terjadi lebih dari 5 detik itu cukup mengganggu telinga para pengunjung yang sedang melintas di area tersebut.
--> lain kali operatornya yg lebih handal donk... kan tinggal matikan suara nya saja. Cukup tekan tombol doank tuh. kalo mixer ya bener, kan ada tulisan "MIC 1", "MIC 2", "GITAR", "BASS", "DRUM" dll. Jadi yg dirasa salah, tekan tombol nya ajah biar mati. Gw rasa kaya gitu bisa ditangani dengan cepat. Gak butuh waktu lama. Apalagi ada banyak crew lain yg ikut mendengarkan. Seyogyanya, crew yg lain bisa tau mana yg salah, jadi bisa ngasih tau operator. Hmm... kurang kerjasama tim juga kali ya.
2. Vocalist: suara memang masuk dengan lagunya. Tapi mati gaya.

Nah...setelah bertemu dengan kedua orang tua tersayang, yg kebetulan sedang berbelanja di Food Hall (supermarket letaknya di LG nya GrandIndo). Akhirnya berpisahlah gw dan keluarga gw. Jam 4 sore ada janji dengan teman-2 KEP di gereja Santa. Naik busway deh ke Blok M, disambung 75. Yang menarik adalah, ponsel ku (Sony Ericsson K700i) ditukar kartu dengan ciciku (XL) karena ponsel dia (XDA) batere nya sekarat. Karena gw jalan buru-2, tertinggallah ponsel gw di tas ciciku. Memang sudah diconfirm, gpp ponselnya ditinggal. Yg lucu kan, kenapa mesti dituker kartu ? Karena kalo telepon pake kartu dia, gratis... (gak usah dibahas yg ini)
jalan cepat ala pejalan cepat olimpiade kulenggangkan dengan santai sambil berpikir gimana nanti kalo telat yah.. Naik di halte busway "Bunderan Hotel Indonesia". Bertemu dengan seorang kakek yang duduk di halte itu, ia terus saja mengoceh ini-itu. Ternyata dia mengungkit masalah agama (Katholik, Islam), masalah keluarga, pendidikan, dan lain-lain. Tertarik mendengar nya, kutanggapi omongannya. Pola pikir kakek tua ini bagus sekali, menurutku. Ia membela idealismenya sebagai orang Katholik (gw rasa dia orang Katholik) yang menentang perceraian atau pun poligami. Ini bukan masalah agamanya. Gw sempat berkata serius "Menurut saya bukan masalah agamanya" dan dua orang setuju dengan ucapan saya (mungkin lebih, gak perhatiin yg lain). Duduk di sebelah kakek itu seorang laki-laki paruh baya, berkulit gelap. Karena ada antrian 3-5 orang, saya males berdiri, maka duduklah samping kakek tersebut.
"Restoran penuh", seru kakek tersebut. Si kakek tanpa diminta bercerita tentang pendidikannya dahulu, ia Teknik Sipil Atmajaya angkatan '78 (klo gw gak salah inget). Ia menikah, dan kayanya istrinya sudah meninggal (sori kek klo salah, asli gak inget, banyak banget yg lu critain...). Ia punya beberapa anak. Ada putri nya yg menikah dengan orang Lampung, mempunyai anak 3. Satu lagi menikah dengan pengacara. Saat busway datang, memang anak muda yg antri langsung bisa masuk, karena dia ngantri (yah iyalah...). Nah gw dan si kakek jadi gak masuk kan tuh, tapi gpp, ambil positifnya, gw bisa dengerin si kakek lebih lama. Toh kehilangan waktu 2-3 menit utk ngantri Transjakarta tidaklah berarti dibanding dengan omongannya si kakek. Justru dengan gw dengar omongan si kakek, gw jadi semakin merasa kasian sama orang lain, perhatian dengan keadaan sekitar, berpikir tentang segala hal.
Singkat cerita, masuklah gw ke dalam Transjakarta yg masih lengang, memang sudah ada bbrp orang yg berdiri dalam busway tersebut. Gw secara spontan, masuk ke paling dalam, dan berdiri di dekat pintu keluar sebelah kiri, yg biasanya orang tidak pernah mau berdiri disitu. Melihat itu, si kakek ikutan, tadinya dia gelayutan di tengah. Ada 2 anak laki masih bocah duduk tidak sopan dekat gw. Memandang keluar. Bayangin ajah, masih bocah, ada orang tua gak dikasih duduk...Gak tau deh orang tuanya ngedidik apa.
Si kakek terus cerita tentang ini-itu. Gw dengan kesetiaan mendengarkan setiap ucapan dia. Gw sempet ngomong di halte, gw lulusan Binus. Jurusan Teknik Informatika. usaha sendiri, dengan teman-2. Ia memberi tanggapan, bagus usaha sendiri. Si kakek mau ke pasar minggu, dia turun di dukuh atas. Saat sampe di dukuh atas, gw kasih salam perpisahan dan ucapan "ati-ati ya pak". Memang sih gw gak kenal siapa tuh orang, tapi menurut gw ucapan kaya gitu sopan aja diucapin. Gw juga bingung mau manggil apa, kebiasaan kantor, jadi panggil 'pak' deh...
Lanjut, dalam perjalanan menuju blok m, ada segerombolan anak muda (laki dan perempuan) yang tidak berhenti mengoceh. Gw masih inget banget omongan mereka. Dari guru, pelajaran, cowo, keren lah apa lah. Bete banget dah dengerin omongannya. Ngertiin lah gw klo di kelas belajar itu memang sebel, kok malah ngungkit-2 gurunya begini-begitu. Memang tabiat guru kan seperti itu, justru lu yang salah makanya lu ngoceh. Hmm... dulu waktu gw sekolah... sering ngomongin guru gak yah... ~sudah lupa tuh~
Gw sempet berpindah posisi dari kanan ke kiri, dimana ada pegangan pintu yang menonjol, enak buat senderan. Menurut gw, gaya gw kalo di dalam busway itu gak ada yang bisa menandingi. hehe. Pake headset/nyender seenaknya, dll. Gw nyaman kaya gitu. Dan tidak mengganggu orang lain. Daripada anak-2 itu yg terus ngoceh. Sesampainya di terminal blok-m, seperti biasa, gw nunggu semua orang keluar, barulah gw jalan dengan santai (antriannya cukup panjang dan melelahkan), setelah dapet celah untuk jalan cepat, kembali gw melangkah dengan pasti menuju jalur 3, dimana 75 sudah menanti. Kuucapkan terima kasih pada sang kondektur. Bangku paling belakang jadi pilihanku. Tidak kurang dari 6 orang yang ada dalam bus. Sepi memang, hari ini kan hari besar "Isra Mir'aj" mungkin banget kalau angkutan umum di ibukota sepi. Seorang petugas, sempat menggebuk badan bus yang kunaiki dengan tongkat hitamnya. Memang, karena nunggu gw tadi lagi jalan, ia sempat berhenti. Bus 75 ini jalannya lebih pelan dibanding bus-2 75 yang pernah kunaiki sebelumnya. Kan banyak supir 75 yg gak tau aturan, ngebut seenaknya, buat penumpang panas-dingin, berdoa dan panik. Terus, di dalam bus ini ada tulisan "Jauh-dekat RP 2500,-"
Memang mestinya begitu kan, tapi kemaren gw naik bus 75 pulang dari gereja abis KEP, gak ada tuh tulisannya. Paling klo ada juga, sengaja diapus. Gak usah dijelasin lah kenapa sengaja diapus...
GW bayar pake goceng (baca: Rp 5.000,-). Karena tangan belum sembuh 100%, maka agak kesulitan merogoh saku celana sebelah kiri dengan tangan kiri. Kembaliannya kuterima dengan tidak lupa mengucap "terima kasih". Di tengah perjalanan ada lelaki berumur yang naik, sambil merokok, duduk persis depan gw. 'gak tau yah pak kalau merokok itu merusak kesehatan anda sendiri. dan setau saya di DKI Jakarta ini sudah ada peraturan yang melarang orang untuk merokok di tempat umum, termasuk angkutan umum. Kok bapak masih menyalakan rokok bapak yah ?' itu dalam benak gw. Karena kekurangan nyali, gw diam saja. Gw sengaja batuk. Dia tidak merespon. Dua kali gw batuk, dia menurunkan rokoknya, biar asapnya gak kena gw. Gw juga sempet geser ke deket jendela, trus pindah ke bangku tengah paling belakang bus. Tujuannya, biar dia matiin tuh rokok secepatnya, ternyata strategi gw kurang berhasil. Memang klo orang ngeliat gw, pasti mikir "nih orang gila ato iseng sih, kok gerak-2 mulu dari tadi, gak bisa diem banget" hehehe memang beginilah Yadi adanya.
Kondektur itu lebih kalem dibanding yang lain, ia memiliki bekas luka di tempurung kaki kanannya yang di tutup dengan selotip warna coklat. Kulitnya gelap, terlihat sekali ia kerja keras, banting tulang utk mencari uang, demi menghidupi dirinya dan keluarganya. Tidak seperti pengamen kelas teri yang gak bisa maen musik, cuman bisa nyanyi asal dan kadang maksa minta duit. CUIH !!! Mending jadi kenek dibanding pengamen bossss
Sampai di tempat tujuan, kebetulan busnya berhenti di lampu merah, gw turun dengan santai, tidak lupa mengucap "terima kasih pak" pada sang kenek. wajar gak sih klo ngucapin itu, saat sebelum turun dari bus ? *pertanyaan retoris*
Tanpa ngeliat ada zebra cross atau gak, gw langsung menuju gereja. Ini gak gw banget nih, biasanya kalo gw nyebrang, harus ada zebra cross atau jembatan penyeberangan, entah setan apa yang masuk dalam otak ini. Gak pikir panjang gw nyelenong masuk ke gereja. Gw tau tindakan gw nyebrang gak pada tempatnya itu salah, tapi kan mobil stop semua. Gw tau gak bakal ada bahaya yang akan menimpa gw kalo gw nyebrang seperti itu, saat itu. Gw janji, besok-2 gak bakal gw nyebrang sembarangan lagi, kecuali darurat ^^;;
Jam 4 kurang gw udah sampe, memberi salam pada pak satpam yg tengah membaca di dalam pos, kemudian nyelenong ke dalam ruang misa. Duduk di barisan ke 2 dari depan. Kemudian berdoa, Doa Sore dari Puji Syukur yang tergeletak tidak jauh dariku. Sebenernya gw bingung mau ngapain gw doa. Tapi, keburu masuk ke gereja, orang blom pada ngumpul, yaud lah, mau ngapain lagi.. Setelah doa, kucuci muka kusut ini di WC. Waktu pada jam tangan Swatch biru ku menunjukkan pk. 15.55.Setelah segar dan tampak lebih ganteng, beralihlah gw ke bangku kayu dekat pos satpam. Mbak A yang pertama kali muncul. Kutemani ia mencari foto. Ternyata pintu nya dikunci, balik lagi deh ke atas. Terlihat Mbak A tampil cantik hari ini, hm... kemarin-2 juga sih... hehe.. Sepertinya ia kurang memperhatikan bedak yang ada di lehernya... agak berantakan... ~semoga gak dibaca sama orangnya~
Orang ke 3 yang datang adalah I. Dengan jazz matic nya ia meluncur dan segera parkir di pojok. gW baru tau mobil dia sama kaya mobil keluarga gw... Disusul Mbak E, yang keluar dari dalam gereja. Sepertinya ia habis keliling 9 gereja, berdoa di gua maria tiap gereja itu. Kasian juga ngeliat dia, uda keliling-2 ke 9 tempat itu, masih juga pergi nonton bareng temen-2 KEP. Kok masih kuat yah ?? Memang tidak ada yang mengalahkan kekuatan iman.. Seinget gw dia bangun jam 6 kurang.
Mbak M dan J tiba terakhir dengan Toyota Corola Merah plat 'F'. Oooo gw jadi tau kenapa bisa telat gini...
Masuklah 6 orang itu ke dalam Corola, untungnya badan gw dibilang paling gede diantara semua nya. Jadi gw duduk depan. I dan yang lain duduk mepet ber-4 di belakang. Seru banget deh pembicaraan di mobil. Si J abis di-ceng-in. Gw sih ikut ngetawain doank. Memang si J itu magang di O Channel yang letaknya di SenSi. Kan nontonnya juga di Sensi, jadi dia nebeng gitu... Wong J dan Mbak M itu satu kost kok... Gw maklumkan lah.
Nonton "The X Files" pkl. 19.00 di studio 2, dapet kursi H 10-14. Film yang teramat sangat bagus. Reviewnya nanti di Flixster gw. Sembari nunggu film mulai, sempet main game Daytona 2 dan "Initial D ver. 4" di game center nya 21. Untung bawa coin dari rumah, sisa waktu dulu. 7 coin abis. Puas rasanya. Tapi masih kurang, blom ngelawan orang soalnya. Gramedia menjadi perhentian selanjutnya. Gw sempet baca-2 ringkasan buku 'Batman Begins' '80/20 Principles' dll. Gak nyangka ketemu JoJun (d/h Janjun). Ternyata dia nemenin Ius NC beliin kado buat cewenya. Lupa mulu mau ngasih dia hadiah, sepulang dari Thailand. Gak tau deh bisa lupa mulu, udah ketemu, barang gak kebawa, barang gw bawa, dia gak ada. Geblek dah....
sempet baca majalah Cinemagz juga, ternyata Che Guevara mau dibuat film nya sama Soderbergh. Harus nonton tuh nanti...
Setelah dari situ ke Timezone, main lagi deh gw, gw kadang lupa sama temen-2 klo udah begitu. Mereka akhirnya cari makan. Kembali lagi gw main gak jelas. Pertama Time Crisis 4, 3x mati cuiy.... Bocah laki aja bisa jago mainnya.... ketek lah...
Sayang banget di Timezone seluruh mal yg pernah gw kunjungin di jakarta (CMIIW) gak pernah ada Initial D. Kalau pun ada, versi 3, ato gak tidak pernah ada ygn nyentuh... terpaksa banget gw nunggu bocah-2 main 'game balap norak yg nyambung 4 line'. Main sendiri lagii.. tuh bocah-2 gak tau diri, selalu 'Refuse Challenge', trus gak mau gantian. Kentut lah..
Saat ada kursi nganggur, gak pernah gw lewatin. Subaru WRX warna biru jadi pilihan. Dengan trek pegunungan. gw pilih 'ngalahin 10 musuh', di kelas 300cc gw kalah di akhir. gw coba lagi di 450cc, sama juga kalah di level 10 nya. Bodo ah... yang penting seru... Pengennya sih lawan orang. Sayang tangan kiri gw gak bisa gw pake dengan maksimal utk mindahin perseneling. Klo gak, pasti jauh lebih seru deh. Sempet juga main Bishi Bashi, bahasa Korea (can you imagine that ?). Yang rese, tombol yg tersedia itu warnanya sama cuiy. Jadi mestinya ada 3 tombol (merah, hijau, biru). Nah di player 2 itu, warnanya ada yg sama... pantes ajah gw kalah. Kentut lah... Melayang sudah uang Rp 65.000,- utk isi kartu Time zone. gw baru tau di Time Zone ada e-ticket. Setelah gw tanya ke orang yang jaga, ternyata e-ticketing itu untuk menyimpan data ticket yang kita terima. Yang biasanya warna kuning/merah itu loh... yang kalo 60.000 dikumpulin bisa dapet motor, blender, boneka dll. Keren juga sistemnya. Gw baru tau tuh. Untung ajah ke Timezone Sensi..
18.45 datang SMS dari Mbak E. Segera ku-reply 'ketemu di depan studio 2'. jam 7 kurang dikit, mereka datang, gw sedang duduk tenang di bangku depan studio 2. Dengan sigap gw menyerahkan tiket-2 itu ke ticketing. Langsung kutuju H-13. Semua menyusul duduk.Sebelah kiriku Mbak M, kanan Mbak A.sisanya di kanan. Trailer yg diputar adalah "AWAKE" dan satu lagi lupa... Iklan Pepsi menyusul. Kemudian film yang dinantikan muncul juga. Spt biasa, tanda tangan Titie Said selalu hadir sebelum film dimulai... hehe.. memang maksud nyindir nih..
Selesai film, kunanti credit title sampai habis, mumpung orang-2 yang lain mulai turun dan meninggalkan tempat duduk. Daripada ngantri, mending duduk dulu ajee.. Kubantu menjaga kebersihan dengan membuang segumpal tisu putih yg terletak di 'tempat minum' H 13-14. Memang itu bukan dosa gw, ngebuang sampah disitu, pas gw duduk pertama kali pun, sudah ada tuh tisu. Gw juga gk nyalahin cleaning service nya gak bersihin secara menyeluruh. Tapi gw inget film/iklan yang pernah gw tonton "pungut satu sampah dan masukkan ke tempat sampah" gak peduli itu sampah dari siapa. Masalahnya kan hanya "let's go green". Kok jijik sih mengangkat sampah orang lain ke tempat sampah ? Kok tega-teganya buang sampah sembarangan ? Apa gak sadar jakarta makin hari makin panas, makin gak bersahabat sama kulit muka kita ?
Setelah itu, teman-2 ada yg ke WC, sedangkan Mbak M bertemu dengan temannya. 3 orang kalo gak salah. Gw dan I menunggu mereka, sambil mojok ke tepi. Lebih enak kalo ngobrol itu, tempatnya gak nyusahin orang lain yang sedang berjalan. "Jambi Expo" sudah selesai, dan arenanya sedang dibersihkan.

"Jambi Expo"
Terlihat lebih profesional dibanding acara di GrandIndo. Musiknya bagus, suara tidak feedback. Gak heran juga kalau acaranya bisa rame dan lebih rapih dibanding GrandIndo. Target market nya berbeda dibanding GrandIndo, tempatnya juga lebih luas, fasilitas lebih bagus, crew dan panitianya jauh lebih profesional. Belum lagi menilai keramaian di Senayan City yang jauh lebih ramai di banding GrandIndo. Perusahaan yang ingin mensponsori acara pun bisa mikir....
Lagu dangdut sempat dibawakan di acara itu.

Gw ditraktir Burger King loh. Kan salah satu yang ikut nonton ini ada yg kerja di MAP. hehe. Paket 1 berisi burger, kentang dan coke kupesan. Disambung beberapa minuman lain dan sundae coklat nya si J. Mas Faisal yang melayani ku bergerak cukup sigap. Untungnya Burger King belum tutup jam segitu. Antrian di belakangan pun tidak banyak. Yang membuat ku terpana sejenak adalah 'Monitor LCD display' yang terletak di atas, menghadap customers. Jarang sekali di Indonesia yang seperti itu. Menunjukkan antrian barang yang di pesan customers. Ada informasi tipe barang, quantity, Work Order dan seterusnya.
Setelah makan bersama, disertai nge-ceng-in (lagi) si J, barulah pulang. Corola merah terletak di B2 biru. Gw salah inget, ingetnya B3. Hehe.. Si J yg kelimpungan. Maklum lah masih anak kuliah.
Sampe rumah jam 10 lewat. Dianterin si I sampe ke rumah. Makasih ya I. Cape juga kalo naik kendaraan umum sendirian.
Udah ah ceritanya.... udah disuru tidur berkali-2 sama kk-2 gw. 1.52 AM nih. Besok ngantor lagi... huhu

Masih sempet persiapin materi slide utk KEP besok. Teks lagu dll. Daripada malu gak bisa perform yg terbaik, saat jadi operator, mending gw persiapin dulu deh skrg. Dulu kan waktu awal-2 gw masih ancur banget jadi operator. Learning by doing 100%. Tanpa diajarin, banyak kesalahan yang terjadi. Tapi memang butuh waktu untuk belajar. Otodidak memang menyebalkan...

Mana besok meeting jam 10 di daerah Kemayoran lagi. Untung ada dave yang setia menemani. hehe
Good nite all. GBU

No comments:

Post a Comment

17 Agustus

  Empat ratus lima puluh tahun masa kolonisasi Empat setengah tahun dalam siksa dan penuh derita Penuh pergolakan demi kedaulatan negeri Akh...